2011/07/18

EVENT REVIEW: Pengajian Perdana Hijabee Surabaya

Assalamu'alaikum Wr. Wb, bees..

Alhamdulillah, 17 Juli 2011 pengajian perdana Hijabee Surabaya telah berlangsung di Hall Suara Surabaya Media dengan pembicara Ustadz Imam Ghozali S.Ag. Acara pengajian perdana ini dihadiri kurang lebih 70 peserta yang semuanya tampak cantik dengan nuansa hijau. Pukul 09.30 WIB peserta sudah hadir memenuhi Hall Suara Surabaya Media dan acarapun dimulai dipandu Duet MC Cantik Hijabee, Lala-Vya.

Nah, buat yang nggak  sempat hadir di pengajian kemarin, kita sudah bikin rangkumannya :)


Pengajian Wanita di Mata Islam


Ustad Imam Ghozali membawakan bincang-bincang seputar wanita. Sebagai pengantar, beliau menjelaskan bahwa seorang Muslim wajib memahami 3 tingkatan ilmu dalam agama Islam, yakni:
  1. Ilmu Fiqh. Yang mengatur tata cara ibadah keseharian manusia, mulai lahir hingga mati, adalah Fiqh. Contohnya untuk ibadah sholat, puasa, zakat, naik haji dan lainnya. Ilmu Fiqih merupakan "standard operational procedure" untuk pelaksanaan ibadah tersebut, dan tiap mukmin wajib mempelajarinya.
  2. Ilmu Tasawwuf (Sufistik). Untuk bisa beribadah secara menyeluruh, setelah mempelajari Fiqh kita juga harus "naik" ke tingkatan pemahaman sufistik. Intinya adalah bagaimana merasakan kehadiran Allah SWT dalam tiap ibadah kita, dan bisa lepas dari hal duniawi saat beribadah.
    • Kadang kala pikiran manusia melayang ke berbagai tempat ketika shalat, padahal sebenarnya dalam shalat terjadi dialog antara manusia dengan Tuhannya. Maka dari itu lafadz bacaan shalat tidak boleh terburu-buru, agar sifat-sifat Allah mengalir seiring energi yang kita dapat sewaktu shalat.
    • Ketika berwudhu, jika Fiqh (niat dan urutan wudhu) didampingi dengan tasawwuf (pemahaman untuk kebersihan batin), ibadah tersebut bukan sekedar membersihkan fisik. Membasuh tangan dapat diiringi keinginan untuk membersihkan keburukan yang telah dilakukan oleh tangan, berkumur dapat diiringi harapan untuk menyucikan mulut dari ucapan-ucapan yang kurang bermanfaat di hari tersebut, dan seterusnya.
  3. Ideologi Islam. Pada tahapan ilmu yang mencapai sebuah ideologi, ibadah-ibadah Islam dapat menjadi pemikiran yang matang. Pemikiran tersebut dikaji untuk menjadi program yang harus dilaksanakan.
    • Sebagai contoh, ketika selesai sholat, manusia menolehkan kepala ke kanan lalu mengucap salam. Begitu juga untuk bagian yang kiri. Apakah gerakan ini hanya sekedar menoleh? Ataukah terdapat kepedulian untuk melihat kanan dan kiri kita, apa masih terdapat permasalahan yang dihadapi masyarakat?  Ibadah hablumminallah perlu diikuti dengan hablumminannas (hubungan terhadap manusia). Jika masih ada anak yatim, fakir miskin, tetangga yang sakit, di sanalah kepedulian kita berperan dalam ibadah yang bersifat aksi (gerakan).
Untuk menjadi muslim yang kaffah, ilmu Fiqh (ritual), Tasawwuf (spiritual), dan sosialnya perlu diamalkan.

Wanita dan Auratnya
Allah sangat melindungi kaum wanita, maka Allah membuat aturan-aturan untuk memelihara aurat mereka. Allah SWT berfirman:
“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang-orang beriman, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka.” (QS Al Ahzaab 27)
Yang dimaksud jilbab adalah pakaian yang menutup seluruh tubuh (bukan hanya kerudung yang menutup kepala). Batasan-batasan berpakaian bagi wanita adalah:
  1. Pakaian harus menutup aurat wanita yaitu seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Adapun apakah jilbab tersebut berbentuk baju terusan atau terpisah antara atasan, bawahan dan kerudung, diserahkan kepada mode dan corak budaya masing-masing peradaban. Yang jelas intinya adalah menutup aurat.
  2. Pakaian itu harus longgar agar tidak memperlihatkan lekuk tubuh wanita. Rasulullah SAW telah melaknat wanita yang memakai pakaian dengan mode seperti ini. Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Diantara yang termasuk ahli neraka adalah wanita yang berpakaian tetapi telanjang (karena tembus pandang atau ketat mencetak tubuh), yang berjalan berlenggak-lenggok (goyang, tari dan lainnya) sehingga menarik (syahwat). Mereka ini tidak akan masuk surga dan juga tidak akan mencium baunya.” (HR. Muslim)
  3. Pakaian itu tidak tipis tembus pandang. Meskipun baju lebar tetapi menerawang, itu sama saja dengan tidak berpakaian karena lekuk tubuh masih terlihat.
  4. Tidak menampakkan perhiasan yang berlebihan karena kesombongan.  "Dan janganlah mereka (perempuan) menghentakkan kaki (atau mengangkatnya) agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan." (An-Nur Ayat 31). Tujuan tidak mengenakan perhiasan berlebihan juga untuk melindungi wanita menjadi korban kejahatan.
Wanita dan Sosok Pemimpin
Di era modern ini, tak dapat dipungkiri banyak wanita berprofesi sebagai wanita karir, pemimpin perusahaan, hingga pemimpin negara. Bagaimanakah hukumnya? Hal ini dapat dilihat dari segi manfaat dan mudharat profesi tersebut.
Tanggungjawab wanita sebagai istri bukan hanya kepada diri sendiri, melainkan juga kepada suami dan anak-anak, yaitu untuk memenuhi kebutuhan lahir dan batin mereka. Selama seorang wanita dapat menjaga kewajibannya dan menjaga kodrat sebagai seorang wanita, diperbolehkan ia untuk bekerja. Meskipun ada beda pendapat dari beberapa ulama, yang tidak memperbolehkan. Namun bekerja bisa menjadi wajib apabila seorang wanita telah menjanda dan harus memenuhi kebutuhan anak-anaknya.
Karena banyak ayat Al-Qur'an ditujukan khusus sebagai peringatan bagi wanita, menjadi kewajiban kaum kita untuk selalu belajar memperkaya ilmu agar semakin cantik lahir dan batin.

Perform oleh Ikka Zepthia FLO
Setelah dengan seksama mendengarkan pengajian dari Ustadz Imam Ghozali, peserta pengajian dihibur oleh penampilan Ikka Zephtia yang akrab dipanggil Ikka FLO. Meski usianya masih 18 tahun, Ikka sangat berbakat dan banyak prestasinya. Gadis yang lahir 20 September ini jago banget memainkan beberapa alat musik  dan bernyanyi. Pada kesempatan pertama Ikka menyanyikan lagu Muhasabah Cinta sambil memainkan grand piano.



Begitu mendengarkan suaranya, semua peserta seperti terbius suara indahnya. Sampai-sampai beberapa diantara komite bilang “Suaranya Ikka bikin merinding!” Begitu Ikka selesai dengan lagu pertamanya, semua yang hadir di Hall Suara Surabaya Media bertepuk tangan dan meminta Ikka menyanyikan 1 lagu lagi. Permintaan ini akhirnya dikabulkan di sesi berikutnya dengan menyanyikan lagu berjudul Cahaya hati. Selesai Ikka menyanyi ada yang berkomentar, “Wah, benar-benar nggak salah nih kalo Opick memilih Ikka Zephtia di Festival Lagu Opick!”  
PS: Terima kasih ya Ikka, di tengah padatnya jadwal masih menyempatkan menghibur teman-teman Hijabee Surabaya! Sukses Selalu J

Hijab Demo
Setelah puas mendengarkan suara emas Ikka FLO, waktunya Hijab Demo oleh Noni Rinjani dan Pypynk sebagai modelnya. Pada Hijab demo ini, ditampilkan kreasi jilbab formal dan kasual. Jilbab formal dapat menggunakan scarf chiffon, sedangkan untuk yang kasual dengan pashmina kaos.

Noni juga memberikan tips bagaimana menyiasati pipi 'chubby' supaya kelihatan tidak menonjol waktu berjilbab. Caranya dengan memilih ciput ninja yang potongannya menutup sebagian pipi. Atau juga bisa menarik jilbab agak ke bawah menutupi pipi. Sedangkan untuk pipi tirus bisa memilih ciput ninja yang potongannya agak lebar di pipi. Atau jilbabnya bisa ditarik agak ke belakang. Teknik ini dapat menggantikan shading blush-on untuk wanita berjilbab.
Dari sekian banyak peserta yang hadir akhirnya  terpilihlah Nadia Istighfarini Putri sebagai Best Hijab Style. Nadia berhasil mengkreasikan kerudung paris segitiga jadi terlihat cantik waktu dipakai. Nadia pun diminta mendemokan cara pemakaiannya di depan semua peserta. Selamat ya Nadia, sudah dapat hadiah berupa Tas Cantik dari Mamaori Shop.

Buat temen-temen yang lain, Be Creative with Your Hijab!

Seminar Singkat Kecantikan Kulit
Wanita identik dengan perawatan kulit dan kosmetik. Kadang demi kelihatan cantik dan putih, sembarang produk dipakai tanpa melihat dulu apa saja kadungan kosmetik yang dipilih. Padahal kalau salah pilih, yang ada malah bikin kulit kusam bahkan kanker kulit! Ini dia yang mendasari Ibu Laila Asri, founder Pourvous International memberikan panduan  memilah-milih kosmetik sehat.
Ternyata banyak zat-zat yang sebenarnya berbahaya untuk kulit masih beredar di pasaran. Oleh karena itu Ibu Laila mengingatkan sebagai konsumen kita juga harus cermat memperhatikan bahan-bahan kosmetik yang tertera di kemasan produk. Selain harus melihat apakah produk kosmetik itu punya sertifikat Depkes, sebaiknya kita juga memperhatikan kehalalan produk tersebut. Berikut ini bahan-bahan berbahaya yang umunya ada dalam kosmetik:
  1. Paraben. Akibatnya:  tumor payudara, reaksi allergy kulit, kanker kulit dll. Cara mengenali ada tidaknya kandungan Paraben bisa dilihat dari daftar ingredients produk, yang bertuliskan: paraben, nipagin/nipasol, maupun propylparaben, methylparaben, isopropylparaben.
  2. Lanolin (lemak hewan, umumnya domba). Fungsi: Melembutkan dan menghaluskan kulit. Akibatnya: alergi bagi kulit sensitif, muncul komedo.
  3. PABA (Para 4-amino benzoic acid). Fungsi: anti UV dan sunscreen (pelindung dari sinar matahari). Akibatnya: neurotoxicity, kerusakan organ tubuh, kanker, alergi dll.
  4. Methanol Fragrance (Methyl alcohol). Akibat: bersifat sangat toxic kalau dimakan/diminum/ditelan/dihirup lewat pernapasan ataupun absorbsi melalui kulit tubuh kita.
  5. Synthetic Color / Dye. Akibat: Berdasarkan penelitian, pewarna sintetis bisa menyebabkan iritasi kulit, alergi dan dipercaya sebagai agen pembawa sel kanker (carcinogenic).
  6. SLS / SLES ( Sodium Lauryl Sulfate or Sodium Lauryl Eter Sulphate). Fungsi:  membuat sabun berbusa, biasa dipakai di shampoo, sabun dan lainnya. Akibat: mata merah, kerontokan, mengakibatkan irritasi kulit, dermatitis dll, namun effectnya bervariasi pada tiap-tiap orang.
Penjelasan selengkapnya mengenai kandungan berbahaya ini dapat dibaca di blog Pourvous.



Rangkaian acara event perdana Hijabee berakhir jam 12.30 WIB. Acara ini diakhiri dengan sesi foto bersama. Alhamdulillah, acara berlangsung lancar dan semoga bermanfaat bagi semua yang hadir. Sampai ketemu di event selanjutnya ya :)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Artikel: Ratih & Tia
Foto: Dwita
Image Editor: Tia

2 komentar:

  1. Semoga semakin sukses,menebarkan manfaat kepada kita semua :) lain kali insya Allah ikutan ah.. :D :D

    BalasHapus